Ragi serta manfaatnya dalam membuat roti !!



Apa itu Ragi ?ragi tidak bisa dipisahkan apabila kita inginmembuat kue sejenis roti ,karena tanpa ada campur tangan ragi tadi si Rotitidak akan mau mengembang dan akan menjadi semacam ‘’lempengan’’gandung sajayang telah di masak.

Sejak ribuan tahun silam bangsaMesir sudah mengenal yang namanya’ragi’’untuk membuat agar roti bisa mengembang,lalu rongga didalam membentuk pori pori besar sehingga kue yang dibuat bisa menjadi roti yang mengembang tadi.

Ragi adalah sejenis tumbuhan yangbersel satu ,hingga untuk melihat ragi itu sendiri harus menggunakan ‘’mikroskop’’,ketikaragi berkembang biak ia membentuk dua buah enzim ,yaitu ‘’zat invertase dan zatenzim Zymase'' namanya,lalu dalam proses selanjutnya ia akan menyatu dan akanmenghasilkan ,Alc*hol,Carbon dioksida beserta energy,misalnya dengan adanya duaenzin tadi saripati tepung ber proses menjadi ‘’gula’’,lalu gula akan menjadialcohol dll. Baca tentang  : apa-itu-zat-alkali ?
Bibit ragi
Salah satu hasil proses tadi yaituCarbon dioksida,akan membentuk energy,yang disebut ‘’fermentasi’’,zat Carbondioksida yang   ada   padaragi lalu membentuk gelembung  udara nah gelembunginilah yang membuat roti jadi mengembang,lalu Carbon dioksidanya akan menguap setelahadonan roti dipanaskan hingga menjadi roti yang kering dan ringan  .

Ok nah itulah sekilas tentangfungsi ragi untuk mengembangkan kue yang sejenis roti,semoga manfaat untuk kitasekalain.    Baca  juag tentang   :Apakah-silikon-itu !!



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger