Kapan penambangan Emas dimulai?

 


Kapan penambangan Emas dimulai?-meskipun kapan mulai penambangan emas di dunia belum ada kepastian ,namun menurut beberapa informasi ahli sejarah,di perkirakan 5000 tahun yang lalu di mulai sekitar daerah Mesir,yang menjadi bukti adanya beberapa lukisan pada dinding dinding Piramid atau makam makam raja,sehingga kalau dilihat dalam lukisan relief tersebut menyerupai orang yang sedang beraktifitas dalam penambangan .


Sebelumnya emas biasa di peroleh dari air sungai yang mengalir bersama pasir,dan di saring maka akan terlihat butir butir keemasan,begitulah kiranya tahapan  dalam mendapatkan emas dijaman itu.

Sekitar tahun 3000SM,emas sudah bisa dilebur dan menjadi bentuk semacam bundaran yang di bolongi tengahnya ,kemudian namanya ‘’cincin’’,dan jaman itu di gunakan sebagai alat pembayaran bila terjadi transaksi dagang [barter].

Baru sekitar tahun 2000SM,manusia benar benar mampu menambang emas dengan penggalian ,dengan membuat berbagai lubang atau terowongan ,dan di lakukan oleh bangsa bangsa Romawi dan Yunani ,dengan membuatnya sebagai coin emas,cincin,gelang dan liontin,anting dll.

Diabad modern emas sudah menjadi trend bagi pemakainnya dan menjadi alat pembayaran yang setara dengan uang ,hingga harga emaspun bisa mempengaruhi nilai mata uang sebuah Negara.

Nah itulah sekilas tentang riwayat penambangan emas di didunia ini,semoga informasi ini menjadi manfaat bagi pengetahuan umum kita sekalian.  Mungkin anda ingin informasi yang lain ,silakan juga baca : Bagaimana-sebuah-mutiara-terjadi?



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger