Sekilas tentang pendidikan dijaman penjajahan Belanda!






Sekilas tentang pendidikan dijaman penjajahan Belanda-tentu kita masih ingat dalam sejarah bangsa Indonesia mengenai VOC [kongsi dagang di jaman kompeni],yang dibubarkan sekitar tahun 1799,maka mulailah jaman penjajahan Belanda atau jaman Hindia Belanda atau ini era kesengsaraan bagi bangsa Indonesia [1816-1942].

Pendidikan dan Pengajaran pada jaman tersebut tidak ada sama sekali,karena pendidikan untuk anak anak tidak di campuri oleh pemerintahan penjajah Hindia belanda atau ditiadakan [yang penting angkut kekayaan dulu kata mereka….].keadaan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1900.

Sebenarnya ada rumah sekolah saat itu ,namun hanya di peruntukan bagi anak anak orang Belanda dan Eropa sendiri,dan anak anak para Priyayi/pejabat pemerintah di kalangan pribumi,untuk rakyat jelata belum ada !

Kenapa ini bisa terjadi? Karena misi dari penjajah adalah bukan untuk meningkatkan pendidikan atau kemakmuran bangsa yang di jajah,baru sekitar tahun 1900,pemerintah Hindia Belanda mulai membuka sekolah untuk’’pribumi’’ dan inipun sifatnya untuk kepentingan mereka ,dalam artian para anak negeri yang di anggap ber otak cemerlang akan di pekerjakan ,untuk kepentingan mereka.

Lalu saat itu didirikan sekolah dan system nya di bagi menjadi dua bagian:

[1].Pengajaran untuk Bumiputra dengan bahasa pengantar adalah bahasa Melayu.
[2]Pengajaran untuk barat,dengan bahasa pengantar bahasa Belanda.
Untuk anak bumi putra  mereka boleh bersekolah pada: HIS[lamanya 7 tahun]MULO [lamanya 2 tahun] dan AMS [lamanya 3 tahun],dan boleh melajutkan sekolah tinggi.

Untuk anak anak Belanda: ELS[7 tahun],HBS[5tahun],bisa lanjut sekolah tinggi,bagi yang berprestasi untuk anak pribumi boleh masuk ke sekolah jalur Eropa ini].
Untuk anak non pribumi [bukan Belanda]:HCS[7 tahun]MULO[3tahun],AMS[3 tahun].ini biasa di peruntukan bagi etnik Tionghoa.

  Keterangan: 
  HIS[setingkat sekolah dasar]MULO [setingkat SMP]AMS setingkat[SMU]'                     
  ELS[setingkat sekolah dasar /SMP].HBS[setingkat SMU].                      
  HCS[setingkat Sekolah Dasar],MULO [setingkatSMP],AMS[setingkat SMU].  
 .
Nah jadi itulah jenis jenis sekolah yang ada pada jaman Hindia Belanda ,atau di jaman penjajahan dulu yang didirikan oleh pemerintah penjajah,dimulai 1900-1942,sekian sejarah singkat tentang jenis sekolah yang ada dan didirikan pada jaman penjajahan Belanda,oleh pemerintahan Hindia Belanda dan semoga dapat menambah pengetahuan kita semua !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger