Sekilas tentang bangsa Ibrani!



Sekilas tentang bangsa Ibrani-kata Ibrani digunakan dalam kitab Injil sebagai nama lain dari bangsa Yahudi,biasanya nama ini yang banyak digunakan dalam pemanggilan mereka atau disebut ‘’putra Israel’’hingga beberapa abad lamanya sebelum nabi Isa Lahir.

Menurut di dalam Injil mereka adalah turunan Ibrahim yang hijrah dari wilayah’’Mesopotamania’’ke tanah Palestina dari beberapa generasi sebelumnnya ,sebelum jaman nabi Musa.as.Ibrani sendiri berasal dari bahasa yang dipakai di daerah Palestina saat itu,sekitar tahun1000SM,Jadi bahasa Ibrani termasuk bahasa yang tertua di dunia menurut sejarahnya
.
Selain bahasa Ibrani ada juga bahasa’Aramaik’’ juga termasuk bahasa yang tertua di dunia dan banyak dipakai di sebagian wilayah Timur tengah dan menggantikan bahasa Ibrani beberapa waktu yang lama sebagai bahasa ,kaum yahudi kala itu di Palestina hingga pada zaman nabi Isa.as.

Dan bahasa Ibrani terus dipakai sebagai bahasa ke agamaan ,hingga pada abad XIX dan ketika bangsa Yahudi mendirikan Negara pada tahun1948,bahasa Ibrani menjadi bahasa nasional mereka disamping juga bahas Arab.[setelah merdeka di sebut Negara Israel].

Pendapat saya :Bahasa ‘’Aramaik’’ kemungkinan adalah cikal bakal bahasa Arab yang di pakai sekarang,lalu dalam sebutan sehari hari ada semacam ‘’kesamaan’’ antara  sebutan Yahudi dan Israel,kalau  menurut hemat saya ,Yahudi itu adalah nama sebuah Agama,sedangkan Israel nama sebuah Negara,jadi tidak semua orang yang berkebangsaan Israel ,beragama Yahudi,,begitu juga sebaliknya orang yang beragama Yahudi tidak selalu bangsa Israel.

Ok demikian sekilas info tentang Bangsa Ibrani,dan semoga ada manfaatnya. Mungkin ingin info yang lain silakan baca :Sejarah penemuan BAN
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger