Abdi Negara yang sering terlupakan!



Abdi Negara yang sering terlupakan!-penjaga mercusuar adalah salah satu profesi yang sering terlupakan ,mungkin karena pekerjaan ini memang jarang bersentuhan dengan masyarakat maklum saja mercusuar letaknya jauh di tengah lautan.

Dengan gaji yang standart pegawai tanpa embel embel namun punya tanggung jawab besar terhadap dunia ‘’pelayaran’’juga dengan nyawa manusia  dan tak sedikit para penjaga mercu suar yang ‘’gugur’’dalam tugas yang penuh dengan tantangan ini.

Apa itu mercuSuar?mungkin bagi yang belum mengetahuinya akan bingung ,mercusuar adalah sebuah menara yang berada di tengah lautan,atau di tanjung sebuah pulau fungsinya semacam rambu lalulintas untuk dilautan.

Asal mula mercusuar adalah atau bentuk pertama hanya berupa api besar yang dinyalakan diatas bukit yang tinggi yang dibuat oleh bangsa Romawi pada sekitar abad ke 8 SM,dan menurut sejarahnya mercusuar pertama dbuat secara khusus oleh manusia adalah’’Pharos of Alexandria’’karena bangsa Romawi banyak mendirikan mercusuar untuk tapal batas wilayah kekuasaannya,dan pada tahun 400SM saja mereka sudah  mendirikan sekitar 30 mercusuar di berbagai tempat,dari laut Hitam hingga sampai samudra Atlantik.

Itulah sekilas tentang sejarah mercusuar atau alat rambu lalulintas lautan dan hingga kini jutaan mungkin sudah terdapat mercusuar termasuk di Indonesia,dan mercusuar hingga kini masih sebuah alternative yang handal untuk penentu arah di laut dalam situasi tertentu,sebab walaupun banyak alat alat yang canggih termasuk satelit kelautan khusus,tetap mercusuar yang dijaga manusia masih merupakan  dapat diyakini secara akurat dalam beberapa ‘’keadaan’’. 

Namun sayang sekali pengabdian mereka yang besar ini, jarang di hargai dengan selayaknya oleh pemerintah terutama para penjaga ‘’Mercusuar’’ di Negara kita tercinta,semoga saja kedepannya ada penghargaan lebih kepada mereka yang mengabdikan diri sebagai penjaga ‘’Mercusuar’’.
Baca juga tentang teladan : Kisah teladan dari Khalifah Umar Bin Chattab!

Baca juga tentang istilah : JERMAN NEGARA PERTAMA YANG BERLAKUKAN ISTILAH PENSIUN !!
 
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger